en id

PERINGATI HARI BATIK, ADI SOEMARMO HADIRKAN BATIK LAWASAN

02 Oct 2022

kembali ke list


Boyolali (02/10) – Hari Batik Nasional yang diperingati tanggal 2 Oktober, menjadi moment Bandara Adi Soemarmo untuk menghadirkan kembali batik-batik yang bermuansa klasik atau lawasan. Bertajuk ‘Sekar Langit’ Adi Soemarmo Gandeng Desainer Kondang Solo Rory Wardana menampilkan peragaan Busana di Terminal Keberangkatan Domestik.
Corak Batik penuh Filosofi seperti Sido Mukti, Sido Luhur, alas-alasan, parang, sido drajat dibalut kebaya berbahan Organza diperagakan oleh para Talent dan mampu memberikan hiburan pada seluruh penumpang.


“Kegiatan Peragaan Busana yang dilaksanakan bertujuan selain memelihara Warisan Budaya leluhur juga untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa Adi Soemarmo,” jelas Yani Ajat Hermawan  selaku General Manager Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat  menambahkan, pemilihan batik kuno atau lawasan juga untuk  mengenalkan kembali kepada Generasi Muda betapa banyaknya Batik warisan leluhur.


Salah satu Penumpang Pesawat tujuan Solo – Jakarta, Annisa (22 Tahun) mengatakan sangat terkesan dengan peragaan busana Batik yang diselenggarakan di Bandara Adi Soemarmo. Karena lebih mengetahui jenis batik dan lebih paham akan batik kuno atau lawasan.


Dalam kesempatan yang sama, Rory Wardana menjelaskan Batik adalah Warisan Adihulung yang harus dilestarikan dan lebih diperkenalkan baik di Indonesia maupun di Mancanegara